Selasa, 07 Juli 2015

HUMANISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM



HUMANISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM
(STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN ABDUL MUNIR MULKHAN DAN
ABDURRAHMAN MAS’UD)



ABSTRAK

Oleh Muhtarom, M.Pd.I  


Gagasan pemikiran humanisme sudah bergulir sejak lama, namun pemikiran tersebut perlu ditegakkan, dikembangkan dan diaktualisasikan lagi, terutama dalam dunia pendidikan Islam yang nampaknya masih jauh dari nilai-nilai kemanusiaan. Jadi, pendidikan Islam berbasis humanisme merupakan sebuah upaya perwujudan dari proses pengejawantahan pendidikan Islam dengan basis humanistik. Salah satu tokoh yang menggulirkan pemikiran humasnisme pendidikan di Indonesia adalah Abdurrahman Mas’ud dan Abdul Munir Mulkhan. Kedua tokoh tersebut nampaknya belum banyak diteliti pada aspek pemikiran humanismenya dengan menelaah secara komparatif.  Dalam pandangan penulis, cukup menarik kiranya persoalan ini untuk diteliti karena basis kedua tokoh tersebut berasal dari pemikir Islam Indonesia kontemporer bukan dari tokoh Barat. Maka kehadiran penelitian ini adalah dalam rangka membandingkan pemikiran kedua tokoh tersebut.

Dengan mangajukan rumusan masalah bagaimana pemikiran Abdul Munir Mulkhan dan Abdurrahman Mas’ud tentang humanisme dalam pendidikan Islam dan bagimana persamaan dan perbedaan pemikiran Abdul Munir Mulkhan dan Abdurrahman Mas’ud tentang humanisme dalam pendidikan Islam? Dengan batasan masalah perbandingan pemikiran dalam aspek filosofisnya.  

Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) yang bersifat kualitatif artinya penelitian yang bersifat kepustakaan murni, yang data-datanya didasarkan/diambil dari bahan-bahan tertulis, baik yang berupa buku ataupun lainnya, guna memudahkan proses penganalisisan, data diseleksi sesuai relevansinya dengan pembahasan. pendekatan yang digunakan adalah studi pemikiran tokoh dengan pendekatan sosio histories dan factual histories. yang berupaya memeriksa secara kritis peristiwa, perkembangan dan pengalaman masa lalu, kemudian mengadakan interpretasi terhadap sumber-sumber informasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah berupa buku-buku dan karya ilmiah tokoh yang diteliti. Sementara analisis data menggunakan analisis historis, analisis isi dan analisis komparasi.

Hasil penelitian ini menyimpulkan; pertama,. Adapun persamaan pemikiran Abdul Munir Mulkhan  dan Abdurrahman Mas’ud dapat dilihat dari pandangan mereka tentang konsep manusia dan pendidikan meliputi : Pengakuan terhadap keberadaan fitrah manusia, menjadikan pendidikan sebagai media pembentukan manusia seutuhnya, dan pembebasan sebagai tujuan pendidikan, memandang peserta didik sebagai makhluk yang memiliki potensi untuk memahami diri sendiri menurut kodratnya, dan sama-sama Me-landing-kan konseptualisasi dasar perjuangannya bagi upaya membebaskan manusia. kedua hasil analisis mengenai perbedaanya meliputi : Istilah atau jargon pendidikan. Abdul Munir Mulkhan, dengan istilah ”demokratisasi pendidikan”, kemudian Abdurrahman Mas’ud dengan istilah “Pendidikan Nondikotomik”  

DAFTAR ISI

Halaman


HALAMAN
PENGANTAR PEMBIMBING
PERSETUJUAN UJIAN TERTUTUP 
PERSETUJUAN TESIS
KATA PENGANTAR
PERNYATAAN
DAFTAR ISI
PEDOMAN TRASLITERASI
ABSTRAK 
 
BAB I     PENDAHULUAN
                A. Latar Belakang Masalah 
                B. Rumusan Masalah
                C. Batasan Masalah
                D. Tujuan Penelitian 
                E. Kegunaan Penelitian
                F. Tinjauan Pustaka  
                G. Kerangka Teori
                H. Metodologi Penelitian 
                I. Sistematika Pembasahan      

BAB II   HUMANISME DAN PENDIDIKAN ISLAM
                A. Pengertian Humanisme
                B. Humanisme dalam Sejarah
                C. Humanisme dalam Islam
                D. Pardigma Pendidikan Islam.
                     1. Pengertian
                     2. Tujuan Pendidikan Islam.
                     3. Ruang Lingkup.
                E. Teori Humanistik dalam Pendidikan
                F. Humanisme dan Pendidikan Islam
 
BAB III  PROFILE DAN POKOK-POKOK PEMIKIRAN ABDUL MUNIR
                MULKHAN DAN ABDURRAHMAN MAS’UD TENTANG
                HUMANISME DALAM DUNIA PENDIDIKAN
                A. Abdul Munir Mulkhan.
                     1. Riwayat Singkat Kehidupan
                     2. Aktifitas dan Karya intelektual..
                     3. Gagasan Pemikiran Humanisme dalam Pendidikan
                B. Abdurrahman Mas’ud ..
                     1. Riwayat Singkat Kehidupan
                     2. Karya-Karya Abdurrahman Mas’ud
                     3. Gagasan Pemikiran Humanisme dan Pendidikan Islam.
        
BAB IV  PERBANDINGAN PEMIKIRAN ABDUL MUNIR MULKHAN
                DAN ABDURRAHMAN MAS’UD DALAM KONSEP
                HUMANISME PENDIDIKAN PADA ASPEK FILOSOFIS
                A. Perbadingan Pemikiran berdasarkan Pendekatan Filosofis
                B. Perbadingan Pemikiran berdasarkan Pendekatan Sosial
                C. Relevansi Pemikiran Humanisme Menurut Abdurrahman
                     Mas’ud dan Abdul Munir Mulkhan
 
BAB V   PENUTUP
                A. Kesimpulan
                B. Saran Saran
DAFTAR PUSTAKA         
LAMPIRAN-LAMPIRAN
 

Senin, 12 Januari 2015

LOGO UIN RADEN FATAH PALEMBANG








LOGO UIN RADEN FATAH
LAMBANG UIN RADEN FATAH
 

Translate

Total Tayangan Halaman

Islamic Education Copyright © 2009 Community is Designed by Bie