Mata Kuliah : Kapita Selekta Pendidikan Islam
Komponen : MKK
Fak : Tarbiyah
Jurusan : Semua Jurusan
Program : Strata 1
Bobot : 2 SKS
Semester : VII
Kode : TAR 708
A. KOMPETENSI DASAR
Agar mahasiswa memahami dan menguasai persolan-persoalan aktual Pendidikan Islam baik secara konsep maupun operasionalnya, terutama di Indonesia.
B. HASIL BELAJAR
Mahasiswa dapat menguasai, menyelesaikan dan menerapkan prinsip-prisnip Pendidikan Islam dalam menyelesaikan persoalan-pesoalan Pendidikan di lingkungan rumah tangga, sekolah maupun masyarakat secara konseptual maupun operasional.
C. INDIKATOR
Mahasiswa dapat :
1. Mengidentifikasi tantangan dan persoalan-persoalan pendidikan Islam baik konsep mauapun operasionalnya.
2. Menentukan langkah-langkah strategis pengembangan pendidikan Islam di era globalisasi.
3. Menjelaskan dan menyelesaikan persolan-persoalan pendidikan Agama di madrasah dan sekolah umum.
4. Menjelaskan dan menyelesaikan persolan-persoalan pendidikan di Pesantren.
5. Menjelaskan kebijakan-kebijakan pemerintah sejak sejak zaman kolonial saampai reformasi terhadap Pendidikan Islam di Indonesia.
6. Merumuskan konsep Pendiidkan Islam tentang pengembangan Islam era globalisasi dan konsep pemberdayaan umat.
7. Mengkaji secara kritis terhadap pemikiran-pemikiran tokoh Islam tentang Pendidikan tentang Pendidikan Islam.
D. MATERI POKOK
1. Tantangan Lembaga Pendidikan Islam.
2. Langkah-langkah strategis pengembangan pendidikan Islam di era globalisasi.
3. Isu-isu pendidikan Islam di madrasah.
4. Isu-isu pendidikan Islam di sekolah umum.
5. Pengembangan sistem pendidikan Islam di Pesantren.
6. Kebijakan pemerintah terhadap Pendidikan Islam di Indonesia (Kolonial-Reformasi)
7. Pendidikan Islam dan Sistem Pendidikan Nasional
8. Pendidikan Islam dan IPTEK
9. Pendidikan Islam di era Globalisasi
10. Pendidikan Islam pengembangan SDM .
11. Pendidikan Islam dan pemberdayaan ummat
12. Tokoh-tokoh pendidikan Islam
E. STRATEGI PEMBELAJARAN
Untuk mencapai hasil yang be.lajar yang optimal, maka strategi belajar yang ditempuh sebagai berikut :
13. Dosen memberikan penjelasan tentang materi kuliah secara komprehensif, baik materi, pola pendekatan pemecahan dan strategi penguasaan materi.
14. Mahasiswa diberikan tugas-tugas mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi pendiikan Islam baik formal, informal, maupun non-formal.
15. Mahasiswa dibagi dalam beberpa kelompok dan diberi wewenang penuh untuk mermuskan, menyajikan dan menyelesaikan beban tugas masing-masing.
16. Dosen dan mashasiswa bersama-sama mendiskusikan topik-topik yang disajikan, sehingga penguasaaan terhadap materi lebih intensif dan komprehensif.
17. Dosen dan dan mahasiswa bersama-sama mengevaluasi hasil belajar yang diharapakan dengan proses belajar yang dialami.
F. URAIAN TUGAS MAHASISWA
1. Meriview buku KSPI Karangan Drs. Akmal Hawi, M.Ag untuk setiap kelompok sebagai bahan diskusi belajar di kelas
2. Membuat Tugas makalah (pribadi) dengan tema yang sama dengan review dikumpul di ahir semester dan digunakan sebagai pengganti semesteran (materi 70% di ambil dari internet)
3. Setiap Mahasiswa mempunyai Blog pribadi untuk kpentingan kuliah dan nama blog akan dikumpul bersamaan dengan tugas makalah serta mem-postingkanya- dalam blog tersebut.
F. SARANA DAN SUMBER BELAJAR
1. Papan tulis, penghapus dan spidol.
2. Buku sumber tentang Pendidikan Islam seperti Jurnal, makalah, Buku, dan karya ilmiah yang relefan
3. Dosen Kapita Selekta Pendidikan Islam yang berkompeten
4. Buku acuan :
Drs. Akmal Hawi, M.Ag, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Palembang; P3RF, 2005
Drs. Hasbullah, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta; Rajawali Press, 1998
Prof. Muzayyin Arifin, M.Ed, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Semarang; Toha Putra, 1987
G. PENILAIAN
Penilaian didasarkan pada :
18. Kehadiran dan keaktifan dalam perkuliahan
19. Ujian mid dan ahir semester
20. Makalah kelompok dan individu
Palembang, Juli 2009
Muhtarom, S.Pd.I
Dosen
Minggu, 01 November 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
1 komentar:
izin take kanda ,,
Posting Komentar
MOHON TINGGALKAN KOMENTAR, PERTANYAAN DAN SARAN